Latar Belakang Sejarah Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Boyolali

March 31, 2020

Otonomi Daerah yang ditetapkan pada awal tahun 2001 membawa perubahan yang signifikan pada pelaksanaan Pemerintah Daerah, khususnya Pemerintah Kabupaten Boyolali.

Perubahan yang terjadi adalah pada nomenklatur Badan, Dinas maupun Kantor. Tidak terkecuali pada Organisasi Pemerintah Daerah yang membidangi Kearsipan dan Perpustakaan di Kabupaten Boyolali.

 

Berdirinya Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Boyolali, berawal dari perubahan nomenklatur Sekretariat Daerah Kabupaten Boyolali serta perubahan Struktur Organisasi dan Tata Kerjanya. Urusan Kearsipan dan Perpustakaan pada waktu itu menjadi tanggung jawab Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Boyolali sampai tahun 2000, dan setelah tahun itu Struktur Organisasi dan Tata Kerja mengalami beberapa perubahan.

 

Pembentukan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Boyolali diawali dari Sejarah Pembentukan Kantor Arsip Daerah Kabupaten Boyolali dan Kantor Informasi, Komunikasi dan Kehumasan Kabupaten Boyolali yang dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Boyolali Nomor 3 Tahun 2001 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Boyolali. Dimana urusan perpustakaan menjadi salah satu tugas dan tanggungjawab pada salah satu seksinya. Pada saat itu, perpustakaan mendapat nomenklatur sebagai Perpustakaan Daerah.

 

Perubahan terjadi pada tahun 2008 dengan Peraturan Daerah Kabupaten Boyolali Nomor 4 Tahun 2008 tentang Pembentukan, Susunan Organisasi Kedudukan dan Tugas Pokok Lembaga Teknis Daerah dan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Boyolali. Dengan Peraturan Daerah ini, Urusan Kearsipan dan Perpustakaan mendapat nomenklatur sebagai Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi.

 

Perubahan nomenklatur terakhir adalah Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Boyolali dengan Peraturan Daerah Kabupaten Boyolali Nomor 16 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Boyolali, sedangkan Urusan Dokumentasi dimasukan dalam tupoksi Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Boyolali. Namun, demikian untuk Kearsipan, koordinasi kedinasan masih terus terjalin.

 

Bahkan dalam perkembangan teknologi informasi server aplikasi yang dimiliki oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Boyolali ditempatkan pada Smart Center Building yang berada dalam kewenangan Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Boyolali.

 

Share this...